Menjelajahi Objek Wisata Kuching, Tempat-Tempat Ini Jangan Sampai Terlewatkan

source:travel2malaysia.com.my

Malaysia tidak hanya memiliki Kuala Lumpur sebagai destinasi utama wisata. Di bagian Borneo, tepatnya di Negara Bagian Serawak yang berbatasan langsung dengan Kalimantan, Malaysia juga punya banyak keindahan yang layak banget buat dijelajahi.

Salah satu tempat wajib kunjung di Negara bagian ini adalah Kuching, yang tak lain adalah ibukota bagian Serawak, Malaysia.

Ada apa saja di Kuching? Beberapa tempat ini bisa jadi referensi liburan kamu di sana.

Cat Museum


Seperti nama wilayahnya, Kuching memakai hewan kucing sebagai simbol kota. Bahkan ada museum kucing yang dinamakan Cat Museum dan setiap hari ramai dikunjungi wisatawan.

Di dalam Cat Museum, terdapat kurang lebih 40 ribu artefak kucing. Di bagian luarnya terdapat patung kucing dengan berbagai ukuran, sementara di dalamnya ada berbagai macam benda yang berhubungan dengan kucing, termasuk lukisan dan juga foto-foto unik tentang kucing.

Kampung Budaya Serawak


source:kuchingleisure.com

Di sini bangunan rumah-rumah asli penduduk Kuching di masa lampau berdiri dengan indah. Keindahan budaya lokal dijaga dengan sangat baik di kampung ini, dan menjadi destinasi favorit para wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Kuching.

Menarik melihat bagaimana penduduk lokal berinteraksi dengan wisatawan dan melakukan berbagai kegiatan mereka. Dari sini bisa terbayang, seperti apa kehidupan penduduk di Kuching sebelum modernisasi melanda Malaysia, khususnya bagian Serawak.

Cagar Alam Semenggoh


Di sini, hutan nan menghijau terhampar luas, dengan orangutan yang bergelantungan di alam liar dengan indahnya. Karena masih berada di Pulau Kalimantan, isi cagar alam Semenggoh tidaklah berbeda jauh dengan kota-kota di sekitarnya, seperti di Kalimantan Tengah ataupun Timur.

Namun pemandangan di Cagar Alam Semenggoh cukup menarik. Layak untuk masuk itinerary ke Kuching nanti.

Museum Serawak


source:mybackyardtour.com

Di sini, semua tentang Serawak, bagaimana sejarah dan budayanya bisa ditemukan dalam sekali jalan. Lokasinya berada di kota Kuching, mudah ditempuh dari manapun. Dengan bangunan yang megah dan bergaya kuno, Museum Serawak sangat wajib dikunjungi kalau liburan di Kuching.

Museum Sejarah Tiongkok


Kuching adalah kota dengan berbagai adat budaya yang ada di dalamnya. Salah satu kebudayaan yang paling kuat melekat di sana adalah Tiongkok, sampai ada sebuah museum khusus untuk budaya yang satu ini. Dan jika berada disini pasti akan menambah serunya liburan kamu selama di Kuching.

Museum Sejarah Tiongkok selalu ramai oleh wisatawan, bukan hanya karena lokasinya yang strategis, tapi juga karena isinya sangat menarik. Ketika masuk ke sana, kamu seolah dibawa ke masa lalu, bagaimana budaya Tiongkok bisa masuk ke Kuching dan bertahan hingga sekarang.

Benteng Margherita


thehistoryhub.com

Benteng ini adalah peninggalan masa penjajahan Inggris dan menjadi salah satu ikon kota Kuching yang dijaga kelestariannya sampai sekarang. Uniknya, untuk menuju benteng ini, kamu harus menyeberang sungai selama kurang lebih 10 menit.

Bisa saja sih naik taksi ke sana, karena juga disediakan jembatan penyeberangan. Namun sensasi naik perahu tradisional bersama beberapa puluh orang lainnya menuju Benteng Margherita adalah hal menarik yang wajib dicoba.

Rute Menuju Kuching


Ada beberapa pilihan jalur menuju Kuching, namun hampir semuanya tak menyediakan penerbangan langsung. Seperti Xpress Air yang menyediakan jalur ke Kuching, namun tetap transit ke Pontianak.

Hal yang sama juga terjadi ketika kamu menumpang Xpress Air dari kota lain menuju Kuching. Ada yang transit di Kuala Lumpur, ada juga penerbangan yang transit di Singapura.

Dari Indonesia, jalur paling banyak dicari menuju Kuching tentu saja Xpress Air yang transit di Pontianak. Selain lebih dekat, ongkos perjalanannya pun lebih murah.

0 komentar:

Posting Komentar