Respons Salah Setelah Marah



Di dunia ini, nggak ada orang yang bahagia terus. Bahkan sekelas Nabi pun juga pernah marah. Bedanya, beliau marah ketika perintah-perintah Allah dilanggar, dan nggak marah kalau beliau yang dirugikan. Kalau manusia kebanyakan, biasanya, marahnya justru saat ia dirugikan.

Marah juga bisa jadi penggerak loh. Baik itu positif maupun negatif. Misal nih, kamu dihianatin temen atau pun pasangan. Respons yang biasa terjadi, orang-orang ngerubahnya jadi negatif. Balas dendam dengan cara menghianati balik, misalnya. Tapi kalau penghianatan itu diarahkan ke hal positif, seringnya malah ngasih hasil yang baik. Bukankah orang teraniaya itu doanya terkabulkan? Berdoalah. Lalu, buktikan juga kalau kamu bisa sukses di bidangmu. Luka yang di convert jadi energi positif biasanya menghasilkan gerakan cepat, berlipat-lipat dan tanpa ampun!

Di bawah ini, ada beragam respons salah saat kemarahan muncul. Apa aja responsnya? Bentar dulu! Sebelum ngelihat satu per satu, anggap aja marahnya begini:

"JADI, SEKARANG KAMU SELINGKUH?! DASAR TAK TAU DI UNTUNG!!!"

Atau begini:

"JADI, SEKARANG KAMU NGEREBUT CALONKU?! DASAR TAK TAU DI UNTUNG!!!"

Nah, setelah marah gitu, ia langsung ngelakuin hal nomer satu.

Setelah itu, teks marah diatas, baca teks bawahnya. Atau mana aja sebenernya bebas juga sih. Setelah baca, anggap aja yang marah langsung ngelakuin tindakan nomer dua. Begitu seterusnya.

Oke? Ini dia, respons salah setelah marah:



1. Melakukan Tari Pajoge


sumber gambar: tarikarawitan.org

Tari Pajoge adalah tari dari Sulawesi Selatan. Sekarang, bayangin kamu ngelihat pasanganmu selingkuh, dan dengan penuh emosi, kamu teriak:

"JADI, SEKARANG KAMU SELINGKUH?! DASAR TAK TAU DI UNTUNG!!!"

Kemudian kamu melakukan Tari Pajoge


2. Lompat Tali


sumber gambar: bundayshanty.wordpress.com

Berikutnya, ada sahabat kamu yang ternyata menikah dengan orang yang jelas-jelas berjanji melamarmu lebih dulu. Saat bertemu sahabatmu tersebut, kamu teriak:

"JADI, SEKARANG KAMU NGEREBUT CALONKU?! DASAR TAK TAU DI UNTUNG!!!"

Kemudian, kamu main lompat tali sambil ketawa-ketawa girang.

3. Rol Depan


sumber gambar: rifaiahmad077.blogspot.com

Kali ini kasusnya kayak yang nomer pertama. Kamu ngelihat pasanganmu selingkuh. Lalu kamu teriak dengan lantang:

"JADI, SEKARANG KAMU SELINGKUH?! DASAR TAK TAU DI UNTUNG!!!"

Kemudian kamu melakukan rol depan.

4. Main Gundu


sumber gambar: bacaberita.net

Kalau yang ini, samain aja kasusnya kayak yang nomer dua. Dan, seperti nomer-nomer sebelumnya, kamu teriak hingga serak:

"JADI, SEKARANG KAMU NGEREBUT CALONKU?! DASAR TAK TAU DI UNTUNG!!!"

Kemudian, kamu main gundu.


5. Foto Selfie


Pada kasus nomer 5 ini, nggak ada yang selingkuh dan nggak ada yang menghianati. Tapi kalau kamu cuma ngelihat foto diatas, kira-kira bisa langsung marah nggak?

Marah begini misalnya:

"UGH! YA TUHAAAAAN, KENAPA SAMPAI SEKARANG HAMBA BELUM BISA PUNYA UANG UNTUK BELI PENUTUP KEPALA SEPERTI YANG DIPAKAI SAIPUL JAMIL? KENAPA YA TUHAAAAAN? KENAPAAAAA?!"


Udah ah, segitu aja. Bayangin sendiri ya. Yang jelas, contoh-contoh diatas ialah respons salah setelah marah. Apakah nggak boleh dilakuin? Boleh-boleh aja sih. Tapi, agak gimana gitu kalau di kehidupan nyata kamu bener-bener mempraktekkan.

Tapi ngomong-ngomong soal respons marah, ada baiknya kita baca Hadits Riwayat Abu Dawud dari Athiyah dibawah ini:


“Sesungguhnya marah itu dari setan dan sesungguhnya setan itu diciptakan dari api, sementara api bisa dipadamkan oleh air. Karena itu, jika salah seorang di antara kalian sedang marah, hendaklah dia berwudhu.”


Ya, solusinya, saat marah: 'BERWUDHU'. :)



Kamu, ada tambahan tentang respons salah setelah marah, selain 5 respons diatas?

Kalau ada, share di komen ya. Cihuy! :)

5 komentar:

  1. Kenapa seakan responnya ngawur gitu. :D Setelah marah, nari tor2 kek. :D

    Terus, kenapa muka saipul di bawa di post ini. Hadehh, gue mulai ilfil liat orang yang itu.

    Kalo gue, respon setelah marah mending main gundu/kelereng/goli (bahasa melayu). :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nari tor-tor udah mainstream Bro. :)))

      Hahaha. Mukanya unyu gitu kok. Kali aja mau kamu simpen. :)))

      Hapus
  2. Huahahahaaa.. Abis marah langsung nari yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah.

      Gimana, udah dicoba? :)))

      Hapus
    2. Belom. Biasanya malah ketiduran :P

      Hapus