13 Hal Yang Bikin Kamu Telat Shalat Jamaah



Menurut Hadits Riwayat Tirmidzi, Rasulullah pernah bersabda kalau orang yang kedua kakinya berdebu di jalan Allah, maka keduanya diharamkan untuk masuk neraka. Subhanallah. Semoga kelak kita semua bisa masuk surga. Tapi bukan cuma kakinya doang. Aamiin.

Sebagai manusia, tentu kita pengen jadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Nggak melulu harus hal gede. Mulai aja dulu dari hal-hal yang masih skala dasar kayak disiplin waktu, olahraga teratur atau rutin nonton dahsyat tiap pagi.

Tapi kadang untuk bisa konsisten ngelakuin hal baik, selalu aja ada hambatannya. Contohnya, ketika shalat. Adaaa aja hal yang sering jadi hambatan untuk melaksanakan shalat jamaah.

Kalau di postingan kemarin bahasannya tentang cara biar nggak telat shalat jamaah, maka kali ini, aku pengen ngulik tentang apa-apa aja yang bikin telat shalat. Tentunya, beberapa diambil dari pengalaman pribadi. Beberapa lainnya, hasil pengamatan atau pengalaman temen.

Sesuai judul diatas, ada 13 poin sih. Kenapa 13? Ya, pengen aja. Tapi kalau ntar ada yang mau nambahin juga boleh. Ini dia hal-hal yang bikin kamu telat shalat jamaah:

1. Begadang


Sumber gambar: ahp876.blogspot.com

"Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya."

Begitulah lirik lagu Rhoma Irama yang judulnya 'begadang'. Lagu yang melegenda banget. Tapi sekarang pertanyaannya, kenapa begadang bisa bikin kamu telat shalat? Ya bisa lah. Kalau tidurnya dini hari, jam 3 pagi misalnya. Besar kemungkinan bangunnya bakal telat. Niat pengen shalat subuh, jadinya malah shalat dhuha. Tapi pake doa qunut.

2. Nanggung Kerjaan


Sumber gambar: infopublik.id

Ini paling sering terjadi. Nggak cuma kamu. Ini yang nulis juga sering gitu. Kadang suka sibuk budidaya hutan mangrove, sampai-sampai ketinggalan shalat jamaah. :(

Besok lagi, jangan mau ya dikendalikan dunia. Sebisa mungkin, kita yang kudu mengendalikan dunia. Bukankah dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdaya?

*nasihatin diri sendiri*

3. Lagi Online


Sumber gambar: gistanet.blogspot.com

Kalau online-nya itu facebookan, gampang. Tinggal log out. Lah, kalau game online? Masa ya mau di pause. Lukate gimbot?!

Tapi demi akhirat, online-nya ditinggalin dulu deh. Apalah arti online, jika dibanding surga yang mengalir didalamnya sungai-sungai? Azeeeg! :D

4. Jarak Yang Jauh Antara Rumah dan Masjid


Sumber gambar: muslimtraveljogja.com

Jarak yang jauh antara rumah dan masjid ini juga bisa jadi pemicu kenapa kamu telat shalat jamaah. Misal nih, rumah kamu di Ciledug. Terus, pengen shalatnya di masjid nabawi, Madinah. Jelas telat!

5. Menunda-Nunda


sumber gambar: www.selasar.com

Ini kebiasaan yang nggak baik. Kurang-kurangin lah.

6. Mendahulukan Hal Yang Nggak Penting


sumber gambar: www.tjcsabah.com

Udah adzan, bukannya ngambil air wudhu, tapi malah ngitungin domba dalam poster! Jelas, ini perbuatan yang mendahulukan hal yang nggak penting banget. Jadi, besok-besok lagi, kalau denger adzan langsung ambil air wudhu ya. Tapi kalau masih ngotot pengen ngitungin domba, posternya aja yang bawa ke masjid!

7. Terbiasa Hidup di Kota atau Negara Yang Jam Shalatnya Beda


sumber gambar: news.actioninternational.org

Kalau kamu biasa hidup di Indonesia, jangan samakan waktu shalatnya, saat kamu tinggal di Zambia. Karena pasti beda. Jelas beda! Makanya jangan heran, kalau sewaktu di Zambia kamu bakal sering ketinggalan shalat jamaah. Karena patokan yang kamu gunakan, waktu di Indonesia!

8. Pura-Pura Nggak Denger Adzan


sumber gambar: forum.gogamers.us

Waini!

Parah! Parah!! Parah!!!

Lagi dengerin musik, pas adzan, bukannya dimatiin, tapi malah dikeras-kerasin biar adzannya nggak kedengeran. Sampai-sampai, pas musiknya abis, baru denger iqomahnya. Itu pun di waktu shalat berikutnya.

9. Mulai Tidur Menjelang Waktu Shalat Tiba


sumber gambar: kucinggue.blogspot.com

Tau adzan subuh itu jam 04.27 pagi, jam 04.26 malah tidur. Niat banget telat kalau ini. Mending, shalatnya didahulukan. Setelah shalat, baru tidur. Kan gitu?

Ingat, kebalikannya poin nomer 6: "Dahulukan yang penting!"

10. Baru Nyadar Hadas Besar Pas Iqomah


sumber gambar: pasukansedekah.wordpress.com

Ada beberapa, yang masuk dalam kategori hadas besar. Diantaranya:

a. Bersetubuh. Mau keluar mani atau enggak, pokoknya kalau kelamin pria (suami) udah masuk ke dalam kelamin wanita (istri), itu udah termasuk hadas besar coy.

b. Keluar mani. Entah itu keluarnya gara-gara mimpi basah, atau pun sebab lain. You know, lah.

c. Meninggal dunia. Setelah meninggal, nggak perlu mandi. Karena udah ada yang mandiin.

d. Haids (menstruasi).

e. Nifas (darah yang keluar dari seorang ibu setelah ngelahirin).

f. Wiladah (melahirkan anak).

Kalau udah nyadar beberapa kejadian diatas, langsung mandi besar ya! Syukur-syukur, sadarnya sebelum adzan. Kan, jadi bisa ada waktu buat mandi besar. Hehehe.

11. Kentut Saat Takbiratul Ihrom


sumber gambar: leviyamani.wordpress.com

Asli, ini awkward banget. Apalagi kalau disamping kanan dan kiri kamu ada orang, udah gitu mereka denger. Kemudian, dengan sorot mata penuh kecurigaan, mereka ngelihatin kamu. Dan kamu pun berjalan mundur dengan masih tetep memandangi mereka. Tanpa sadar, kamu nabrak orang yang berdiri di shaf belakangmu. Banyak-banyakin doa aja, semoga kamu nggak ditimpuk kotak amal.

12. Kebanyakan Shalat Sunnah Sebelum Shalat Wajib


sumber gambar: boombastis.com

Kebanyakan shalat sunnah sebelum menunaikan shalat wajib itu juga bisa bikin kamu ketinggalan shalat berjamaah. Jadi kalau kamu pengen shalat sunnah, ada baiknya menyesuaikan dengan timer setelah adzan. Kalau masih 10 menit, bolehlah kalau mau shalat tahiyyatul masjid 2 rakaat dan shalat qobliyah shalat wajib tersebut 2 rakaat. Tapi kalau pengen ngelakuin itu semua, padahal waktu shalat tinggal 30 detik, itu namanya emang niat telat!

13. Pas Iqomah, Malah Bangun Rumah


sumber gambar: blog.propertykita.com

Jangan ditiru ya!

Jadi kalau denger iqomah, langsung ngambil air wudhu deh. Bukannya malah ngambil cetok, ember dan meteran buat bangun rumah. Jelas, ini bisa bikin telat shalat jamaah. Jangan gitu-gitu lagi ah. Tapi semoga Hadits Riwayat Ibnu Hibban dan Ahmad ini bisa mencerahkan kita:


"Allah telah mewajibkan sholat lima waktu kepada hamba-Nya. Barang siapa menunaikan sholat pada waktunya, maka di hari kiamat, sholat itu akan menjadi cahaya dan bukti baginya. Dan barang siapa mengabaikannya, maka ia akan dikumpulkan bersama Firaun dan Haman."


Oh iya. Karena satu langkah ke masjid itu bisa menghapus satu keburukan, dan satu langkah tersebut juga ditulis sebagai satu kebaikan (saat pergi dan pulang - HR. Ahmad, no: 6599, 10/103, dari Abdulloh bin Amr bin Al-Ash, dishohihkan syaikh Ahmad Syakir), makanya besok-besok, kalau nyari masjid yang jauh. Tapi nggak kayak poin nomer 4 diatas juga sih. Standar lah jauhnya.

Atau kalau pengen nyari yang deket, sebelum nyampe di masjid, muter-muter aja dulu di mana gitu. Di parkiran masjid kek, atau muterin orang yang lagi mau shalat di masjid, atau juga, muterin orang yang lagi muterin orang yang mau shalat di masjid. Pasti langkahnya jadi banyak. Hehehe.

Kamu ada tambahan tentang hal-hal yang bikin telat shalat jamaah selain 13 di atas?

Kalau ada, share di komen ya. Cihuy!




sumber gambar paling atas: bismamuslim.wordpress.com

9 komentar:

  1. Keasyikan pacaran juga bisa..

    BalasHapus
  2. hmm.. it's true men.. *benerin sarung deh*

    BalasHapus
  3. mau sholat terus dipanggil bos xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipanggil Yang Maha Kuasa?

      Bukan telat lagi itu. Udah nggak bisa shalat malahan.

      Hapus
  4. bikin ketawa aja bacanya fid hahaha

    BalasHapus