Gara-Gara Kompas TV Nggak Nelpon, Jadinya Gini


Tahun lalu, aku pernah bikin postingan waktu ikutan audisi Stand Up Comedy Indonesia Season 4 Kompas TV Inspirasi Indonesia Tanah Airku, Tanah Tumpah Darahku. Disanalah Aku Berdiri, Jadi Pandu Ibuku.

*stop Fid!

Kalo nggak salah, judul postingannya begini:

#PertamaKali Dapat Golden Tiket - Stand Up Comedy Indonesia Session 4 Kompas TV


*batas promo artikel lain*



*batas promo artikel lain*



Sumber: twhite6868.blogspot.com/2012/01/mr-honda.html

Banyak pengusaha sejati bilang kalo ide bisnis mereka berawal dari keresahan. Contoh: Honda. Yang punya Honda kan namanya Honda juga. Bukan Bajaj. Bukan. Nah, menurut cerita yang beredar, Honda waktu masih muda, dia resah karena kalo kemana-mana butuh waktu lama. Nggak bisa cepet. Sampe akhirnya dia bikin sepeda motor yang tujuannya untuk membantu sesama demi melancarkan aksinya. Begitupun Henry Ford. Beliau juga punya tujuan yang nggak jauh beda sama Honda: membantu sesama.


Sumber: philanthropyroundtable.org/almanac/hall_of_fame/henry_ford

Komedian sejati juga bilang kalo ide karya mereka berawal dari keresahan. Contoh: Raditya Dika. Dari sekian karya yang ia ciptakan, mulai dari buku, materi stand up comedy sampe film, benang merahnya adalah keresahan. Dari keresahan itulah Radit bisa bikin karya yang cihuy dan banyak diminati para kawula muda, lansia hingga akhir waktu. (Nineball: "Hingga Akhir Waktu").


Sumber: rayazharu.com/?p=333

Dari benang merah itu pula (nggak ditelpon Kompas TV waktu audisi SUCI 4), Stand Up Comedy Magelang berinisiatif untuk membuat kompetisi yang serupa seperti Stand Up Kompas TV. Bukan. Bukan untuk menandingi. Meski kalo menandingi sebetulnya kami kalah telak. Tapi kompetisi yang dibikin ini lebih kepada memacu para Comic Stand Up Comedy Magelang untuk rajin nulis materi, nguji materi di open mic dan nyobain teknik-teknik baru dalam Stand Up Comedy. Gitu.

Secara garis besar, konsepnya sama dengan Kompas TV. Hanya ada beberapa yang dirubah. Ada yang karena 'biar beda', dan ada yang karena menyesuaikan keadaan. Salah satu contoh yang 'biar beda' adalah penggantian kata 'close mic' jadi 'kick out'. Terus salah satu yang menyesuaikan keadaan kayak tampilnya 2 minggu sekali. Bukan seminggu sekali kayak di Kompas TV. Dasar ini diambil karna semua anggota punya kesibukan masing-masing. Nggak cuman ini doang. Selain itu juga, banyak para peserta yang juga ngrangkep jadi panitia. Banyak. Jadi untuk tahap pertama ini, nyobanya 2 minggu sekali dulu.

Untuk teknik, dari minggu ke minggu para peserta juga akan ditantang banyak teknik kayak: rule of three, callback, riffing, dan masih banyak lagi. Kemudian masalah waktu dan tema juga. Jadi mereka harus tampil sesuai waktu dan tema yang ditentukan oleh panitia. Lalu ada minggu-minggu dimana mereka harus menggunakan media saat tampil, seperti: slide, musik, video, dan media serta properti lainnya.



Tanggal 22 Agustus 2014 besok adalah babak preshow 'Komika Terakhir' Stand Up Comedy Magelang. Jumlahnya, ada 31 Comic yang terdaftar. Semua Comic yang tampil di babak preshow besok dikasih waktu 3 menit, dan temanya: Hari Kemerdekaan. Dan di babak preshow besok, akan ada 16 Comic yang tersingkir. Menyisakan 15 Comic untuk melenggang ke babak berikutnya. Siapakah yang akan kick out? Siapakah yang akan lolos?

Nonton ya!

Ajakin temen-temen juga boleh. Biar ramai. Mumpung masih gratis. Bayarnya cuma pas partai final doang kok. Tanggal 7 November 2014. Siapin rahang dan perut baik-baik sebelum menonton. Jangan sampai kram. Jangan sampai lumpuh. Jangan... jangan kau menolak cintaku.. jangan... jangan kau hiraukan pacarmu... putuskanlah saja pacarmu... lalu bilang I Love You... padaku...


Sumber: sidomi.com/179150/st12-jadi-band-melayu-bukan-karena-charly/

4 komentar:

  1. Gak disiarin di tv ya? penasaran sih pengen nonton stand up comedy langsung itu sensasinya gimana. Belom pernah x_x

    BalasHapus
  2. Enggak.

    Disiarin di Masjid pake toa.

    Haha... sini yuk ke Magelang kalo mau nonton. :D

    BalasHapus
  3. Tulisannya bagus, ya. Pake font apa, Mas? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Font dokter itu font apa yak? Itulah. :)))))

      Hapus