#PertamaKali Ikutan Kelas Kopdar Fiksi


Ini sebenernya desain kopdar fiksi Jakarta. Karna nggak tau desain yang Jogja yang mana, ku publish ini aja

Seperti yang udah aku publish di postingan sebelomya, Kelas Kopdar Fiksi dimulai kemaren. Dari tepat jam 2 siang sampe nggak tepat jam 5 sore. Iya, nggak tepat, karna kelar acaranya sekitar jam setengah enam. Tapi gapapa sih, seru kok. Sumpah! Banyak hal yang belom aku tau di bidang kepenulisan, dijelasin secara gamblang di kelas kemaren. Meskipun di akhir acara Mas Bara bilang:

“Ini baru kulitnya.”

Ajedah, kulitnya aja udah kayak gitu. Gimana rasa isi lumpianya? Pasti lebih yahud.

Oke kembali ke fokus!

Sampe mana tadi hayo?
Oya bener, sampe fokus. Kita fokus sama acara kemaren dan masa depan kita aja yaa...

Jadi judul acara kemaren adalah:

“How to Write Novel”

Kenapa diatas aku bilang gamblang? Karna di kelas kemaren dijelasin mulai dari ‘Pre Writing’, lalu ‘Writing’, kemudian ‘Post Writing’ sampe ‘Publishing’. Dan dalam tiap step tersebut, masih ada sub bab-sub babnya. Lalu didalam sub bab tersebut, masih ada sub bab-sub bab lagi. Nah, itu dia yang kemaren Mas Bara bilang ‘ini baru kulitnya’. Karna emang yang sub bab-sub bab didalam sub bab belom diajarin. Keterbatasan waktu.

Writing oh writing...
Writing Tresno Jalaran Soko Kulino...

Oya, menurut kuota sih peserta kemaren ada 10 orang. Tapi ada satu yang nggak bisa dateng karna acara mendadak, jadinya cuman tinggal 9 orang doang. Dan, ini kami semua:


Ada aku loh, yang duduk depan pake kaos putih - celana coklat :D

Kurang 1 orang, kan?
Nah, seperti screenshot isi email yang ku publish di postingan sebelomnya, disana ada rule, buat yang dateng telat brarti dia harus nraktir jajan di Milkbar. Ya orang itu yang ngebayarin. Haha...

Oya, acara Kopdar Fiksi kemaren juga kedatangan penulis buku 'Kedai 1002 Mimpi', Bang Vabyo. Yang mana orangnya? Tuh, yang gendut kaos item, dan duduknya tepat didepan pria paling cool. Iya, iya, maksud kalian pria coolnya yang pake kacamata, kan? :(


Mentoring Menulis with Vabyo

Makin lama langit makin gelap aja, sampe-sampe lampu Milkbar kudu dinyalain.


Tanya jawab dari santri Kopdar Fiksi kepada Kyai Kopdar Fiksinya

Maap loh ya, Icha. Gegara ketutupan badannya Mas Bara jadi nggak keliatan. Harusnya Mas Bara diet, dan kamu nggemukin badan, Cha, pasti keliatan.

Di sesi tanya-jawab ini ada jepretan mentor Kopdar Fiksi yang bikin ngekek loh. Sekalian kubikin meme deh. Meme Mas Vabyo dulu deh yaa...


Dan ini ekspresi balesan dari Mas Bara:


Di acara Kopdar Fiksi kemaren, kebetulan Mas Vabyo juga lagi ulang taun. Nggak tau juga sih, kemaren itu ultah di usianya yang udah berapa ratus taun. Karna yang jelas-jelas banget kami tungguin adalah momen makan bareng kuenya.


Selamat ulang taun ya Mas Vabyo. Semoga panjang umur, sehat selalu, terus dan terus berkarya. :)


Aku nggak ada. :(
Lagi shalat Ashar soalnya. Yang penting sih dapet kuenya. :D

Abis tiup lilin dan poto bareng, acara dilanjutin lagi. Terakhir, ngebacain plus diskusi tentang sinopsis yang udah kami bikin. Juga, lanjut tanya-jawab seputar materi yang udah disampein.

Acara kemaren ada pesan pentingnya tentang nulis juga loh, yang nggak bakal kulupain:


“Menulis itu penting! Dan siapapun, dengan profesi apapun, harus selalu menulis. Karena dengan menulis, kita menciptakan jejak. Bahwa kita pernah hidup, serta memberi warna dan arti untuk dunia ini.”


Makannya Sayidina Ali bin Abi Thalib r.a juga pernah berkata:


“Ikatlah ilmu, dengan menuliskannya.”


Sebegitu pentingnya nulis. Iya, nulis itu penting banget. Bahkan, lebih penting daripada foto selfie. Apalagi foto bareng dua mentor Kelas Kopdar Fiksi:


4 komentar:

  1. Wiih keren coy.. eh coy Aku mau melemparkan tongkat estafet tentang The Liebster Award ke kamu, jika berkenan monggo diintip yaa
    http://kokohahmad.blogspot.com/2014/06/liebster-award.html

    BalasHapus
  2. Asik banget ya ada mentoringnya juga, gratis kan itu?

    btw template blognya sama nih wakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Coy, gratis. :)))

      Wah, sama yaa... :)))
      Brarti besok aku harus ganti template :)))

      Hapus