17 Macam Kerupuk Buat Lomba Makan Kerupuk Pas Tujuh Belasan



Cihuy, udah tujuh belasan lagi aja nih. Cepet banget! Iya, tuanya cepet banget. Kayaknya kemaren masih pake seragam biru-putih, eh sekarang udah pada dipanggil Om lah, Pak lah, Mbah juga. Emang nggak ada panggilan yang nggak tuaan apa. Zigot, mungkin?

Kalo bahas tujuh belasan pasti nggak jauh-jauh sama yang namanya lomba makan kerupuk. Ini populer. Sejak aku kelas TK dulu sampe besok dajjal turun pun kayaknya masih ada. Dajjalnya, yang masih ada!

Sebagai atlet makan kerupuk tiap tujuh belasan, aku pengen ngeshare 17 macam kerupuk yang cocok buat lomba makan kerupuk tujuh belasan. Apa aja kerupuknya? Wayaitu yang lagi mau kubahas. Yuk!


1. Kerupuk Mie


Sumber: 3mo2kelompok4.blogspot.com

Nggak ngerti juga nih, penemu kerupuk ini ilmuwan mana yang lahir dimana? Dengan siapa? Semalam berbuat apa? Tapi di Tegal ada banyak banget merk namanya:

"Kerupuk Mie Khas Tegal."

Paling kalo ini juga ada di Afrika, nama kerupuknya bakal:

"Kerupuk Mie Khas Afrika."

Begitu juga di daerah lain, pasti namanya jadi:

"Kerupuk Mie Khas Daerah Lain."

Tapi asal kamu tau, kalo kerupuk mie ini bakal bikin kamu berasa keren waktu ikutan lomba tujuh belasan. Lainnya makan kerupuk blek, kamu makan kerupuk mie. Trus pas kamu makan mie, lainnya makan blek.


2. Kerupuk Seblak


Sumber: archive.kaskus.co.id//thread/14527573/0

Coba bayangin, kalo kerupuk seblak itu diiket trus gimana ngiketnya?

"Di lem!"

Oya, bisa... bisa... bisa. Ntar pasti dimakan.

"Apanya?"

Lemnya!


3. Kerupuk Ceker


Sumber: balipiesusu.com/2011/09/kerupuk-ceker-ayam-makanan-asli-bali/

Ini katanya makanan khas Bali. Meskipun kadang yang digoreng bukan ceker yang berasal dari ayam Bali. Yang penting Bali aja pokoknya. Wah, kalo tujuhbelasan makan kerupuk ceker begini keren banget deh. Bergizi. Jadi pengen cepet ngabisin, trus ikut lomba makan kerupuk ceker lagi. Cuma kadang khawatir ajasih, kalo pas makan kerupuk cekernya, ada bikini nyangkut. Ah, Bali.


4. Kerupuk Gapit


Sumber: kaskus.co.id/thread/50a4bb15ea74b4ee4c0000fe/cemilan-cerbon

Bentuknya mirip irisan kentang ya. Ini kalo dipake buat lomba tujuh belasan ribet juga pasti ngiketnya. Harus ngasih lubang. Kayaknya kalo yang dilubangin bagian tengah seru deh. Dan kalo kerupuk buat tujuh belasan bentuknya gini, daripada dimakan, mending buat cadangan maen kalo keabisan tazos.


5. Kerupuk Upil


Sumber: camilancamilun.wordpress.com/tag/kerupuk-goreng-pasir

Keren banget ya namanya. Kayak nama kamu.

Awal mula nama itu katanya karna dulu awalnya kerupuk itu digorengnya kecil-kecil kayak upil. Udah gitu rasanya asin pula. Apa jangan-jangan yang bikin asin gara-gara dicampurin upil. Tauk ah.

Jadi kalo pas tujuh belasan, dan biasanya makan kerupuk upil, tapi pas hari itu kebetulan stok kerupuknya lagi habis, upilnya aja yang digantung.


6. Kerupuk Bawang


Sumber: kaskus.co.id/thread/52d26f420d8b46b74e8b45bd/kerupuk-bawang-tersanjung

Jadi itu adalah penampakan kerupuk bawang dalam versi mentah. Bentuknya lucuk. Bintang gitu, warna-warni. Kalo dipake buat tujuh belasan, bisa banget. Talinya taroh ditengah. Dan juga pastikan kalo mau buat lomba, kerupuknya nggak usah digoreng. Biar awet!


7. Kerupuk Amplang


Sumber: dwbckalbagtim.blogspot.com/2011/11/amplang.html

Katanya ini kerupuk khas Balikpapan. Sumpah, ini kalo bentuknya begini gimana mau ngikatnya. Mending dilempar-lemparin aja apa nih ke peserta lomba. Sambil lebay dengan gaya stop motion bilang

"Selamat tinggal kerupuk amplang."

Tapi tetep lebih seru lagi kalo lombanya di kebun binatang sih.


8. Kerupuk Udang


Sumber: serba-serbi.net/2013/01/resep-kerupuk-udang.html

Duh, ini gimana ngiketnya juga kalo bentuknya nggak nyantai gini. Ini kayak-kayaknya semua kerupuk udah saling konspirasi deh. Biar nggak ada bolongannya. Biar nggak dipake buat acara lomba tujuh belasan. Hih!


9. Kerupuk Gendar


Sumber: ita-thediffusionofexperience.blogspot.com/2012/10/kerupuk-nasi-kerupuk-gendar-bikin.html

Udah familiar dong ya pastinya. Kerupuk gendar ini terbuat dari nasi. Dan asal kamu tau, selain kriuk, kerupuk gendar ini juga tanpa msg loh. Apalagi Ms. Word. Jadi untuk membuatnya, pertama-tama kamu harus nyiapin 3 sdm tepung tapioka, 100 ml air panas yang baru mendidih, 500 gr nasi hangat, 1 sdt garam (secukupnya), 1/4 sdt gula pasir, 1 sdt ketumbar sangrai, 3 bawang putih dan secangkir kenangan masa lalu. Kemudian, tuangkan air mendidih kedalam tepung tapioka lalu aduk-aduk sambil joget samba nyampe mengental kayak lem.

"Fid, bahas makan kerupuk tujuh belasannya mana, mana, mana?"

Hah? *amnesia


10. Kerupuk Jengkol


Sumber: feburita.blogspot.com/2013/06/27-jenis-kerupuk-di-indonesia.html

Sejak hidung bisa ngerasain bau, entah kenapa mulutku ogah nelen sebangsa petai, jengkol, duren dan kentut. Tapi mungkin ini beda kasus kalo udah dikemas jadi kerupuk. Soalnya, seumur-umur aku juga belom pernah makan sayur pare. Tapi sekalinya disodorin keripik pare, doyan juga.

Kerupuk jengkol ini terbuat dari jengkol yang dicampur bersama dengan tepung kanji. Tepungnya kayak nama huruf. Eh, tapi kalo kerupuk ginian dipake buat lomba makan kerupuk tujuh belasan, nasibnya bakalan sama kayak kerupuk-kerupuk diatas deh: susah ngiketnya!


11. Kerupuk Jomblo Jumbo


Sumber: sikleptohati.blogspot.com/2012/05/jajanan-unik-kerupuk-jumbo.html

Mas, beli.

"Kerupuk?"

Masnya!


Secara desain, sebenernya ini nggak jauh beda sama kerupuk blek yang biasa ditaroh di warung-warung. Cuman ini bentuknya gedean dikit aja. Ini kalo kerupuknya digantung, bisa-bisa nyampe ke tanah deh. Jadi pas lomba makan kerupuk bisa sambil tiduran!

PS:

Jangan lupa bawa bantal dan selimut pas lomba.


12. Kerupuk Melarat


Sumber: belindomag.nl/id/fun-facts-id-2/kerupuk-melarat

Waduh, namanya horor banget.

Kerupuk asli Cirebon ini biasanya kalo dimakan sering barengan sama sambal asam. Bahan dasarnya tepung tapioka. Tapi aku tetep nggak ngerti juga kenapa nama kerupuk yang warnanya lebih mirip celana cabe-cabean ini dikasih nama kerupuk melarat. Apa jangan-jangan abis makan langsung jadi melarat? Mana susah diiket kalo buat lomba tujuh belasan pulak!


13. Kerupuk Kulit


Sumber: tokoonlinepayakumbuh.com/kerupuk-kulit-jangek

Kerupuk kulit ini bahan bakunya adalah kulit sapi. Khawatir aja sih, kalo kokinya pas mau masak bukannya dibikin kerupuk kulit. Tapi malah dibikin bedug Masjid. Jadi ntar pas dipukul bunyinya bukan:

"Dung... dung... dung..."

Tapi:

"Kriuk... kriuk... kriuk."


14. Kerupuk Ikan


Sumber: delydesignsidayu.blogspot.com/2012/09/jual-kerupuk-ikan-sidayu-gresik-srowo.html

Kerupuk ikan emang paling cocok deh kalo dipake buat oleh-oleh atopun hadiah. Meski ada banyak jenis ikan, tapi entah kenapa kalo dibikin kerupuk lebih enakan 'ikan tengiri' daripada 'ikan fauzi'.

"Woy Fid, mana nih yang nyangkut-nyangkut sama makan kerupuk pas tujuh belasan?"

Bodoh amat ah!


15. Kerupuk Kemplang


Sumber: greendavidshop.wordpress.com/2012/04/

Menurut gosip yang beredar di infotainment sih kerupuk kemplang ini berasal dari Bandar Lampung. Samaan kayak yang diatas. Bisa buat cadangan kalo keabisan tazos.

"Fid, dari tadi ngomongin tazos muluk. Emang masih jaman?"

Wah iya. Aku tua rupanya.  :(


16. Kerupuk Tahu


Sumber: tokojajanfatimah.wordpress.com/2012/02/06/keripik-tahu/

Paling enak emang kerupuk tahu, yang tahunya tahu bakso, dan baksonya bakso: bakti sosial.


17. Kerupuk Blek


Sumber: elantowow.wordpress.com/category/catatan-kritis/

Ini dia primadonanya tiap kali tujuh belasan. Selalu setia menemani setiap saat. Kayak Rexona! Jangan-jangan ini cara makannya ditaroh di ketek.

Kerupuk ini selalu ada di warung-warung makan. Ia hadir ke bumi untuk mengerti kita. Perut kita. Dan perut-perut manusia Indonesia dari generasi ke generasi. Sejak dulu kita nggak pernah bertanya. Taunya makan aja. Entah kapan, tapi emang harus tiba sebuah masa dimana kerupuk blek dapet kalpataru dengan kategori:

"Kerupuk paling konsisten."

Dari dulu bentuknya gitu-gitu muluk.

Eh, ada sebuah quote keren tentang kerupuk dari seorang teman.

"Jadi kamu cuman nganggap dia temen?"

:(


Quotenya gini:

"Bagimu, aku seperti kerupuk di warung mie ayam. Selalu ada, tapi bukan yang utama." @muktientut

15 komentar:

  1. apapun jenis kerupuknya, yang penting tetap enak dimakan dan renyah hehe

    BalasHapus
  2. Senyum2 gua pas baca "Kerupuk Mie Khas Daerah Lain" :))

    Lucu juga. Follow ah, besok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iiiiiihh.... mukucieh :3

      *cubit giginya*

      Hapus
  3. yang pasti krupuk warung lah, naru tau gw namanya krupuk blek hehehe. nice post! gw jadi tau macam2 jenias krupuk :)) salam kenal ya www.salaminzaghi.com

    BalasHapus
  4. wow baru tau ada kerupuk segede kerupuk jumbo.hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jones: Jumbo Ngenes. Ah, oke.

      Thanks ya, udah mampir.

      Hapus
  5. Iya nih harusnya 17an makannya jangan cuma kerupuk yang itu aja. harusnya macem-macem. biar nafsu makannya hahaha. btw gue baru tau itu kerupuk yang pedes namanya kerupuk seblak, kalo di deket rumah yang jual bilangnya kerupuk jablay :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha... namanya keren. Berarti itu kerupuknya jarang dibelai. :|

      Hapus
  6. Balasan
    1. Ah, yang bener? Masak?

      Coba besok aku dikirimi. Pengen ngebuktiin nih.

      Hapus
  7. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus